PENGGUNAAN MEDIA “BASKOM PUZZLE” BERBANTUAN PERMAINAN “HP RANGKING 1” DAN ALAT PERAGA “K-TV” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA, KETERAMPILAN BERBICARA SERTA AKTIVITAS SISWA TEMA 3 KELAS IV B SDN WONOSARI 03 – Galih Suci Pratama

Abstrak

Pratama, Galih Suci. 2017. Penggunaan Media “Baskom Puzzle”, Berbantuan Permainan “Hp Rangking 1” dan Alat Peraga “K-Tv” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA, Keterampilan Berbicara, Aktivitas Siswa Tema 3 Kelas IV B SDN Wonosari 03. Laporan PTK. SD Negeri Wonosari 03.

Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Wonosari 03 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran materi karakteristik hewan Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Hasil belajar, keterampilan berbicara dan aktivitas siswa dalam pembelajaran kelas IV B masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA, aktivitas siswa dan keterampilan berbicara. Salah satunya adalah menggunakan media “baskom puzzle” berbantuan permainan “HP Ranking 1” dan alat peraga “K-Tv”. Rumusan masalah penelitian adalah hasil belajar IPA, keterampilan berbicara dan aktivitas siswa yang masih rendah dalam pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan saintifik yang diterapkan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B SD Negeri Wonosari 03 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa yaitu siklus I rata-rata 16,6 dengan kategori baik, pada siklus II rata- rata 17,1 dengan kategori baik; (2) Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran yaitu siklus I rata-rata 18,48 dengan kategori baik, pada siklus II rata- rata 22,40 dengan kategori baik sekali; (3) Adanya peningkatan hasil belajar yakni siklus I rata-rata 73 dan siklus II rata-rata 80,6. Hal ini ditunjukkan persentase ketuntasan belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 60% dan pada siklus II menjadi 85 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan “Baskom Puzzle” berbantuan permainan “ranking 1” dan alat peraga “K-Tv” dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di kelas IV Sekolah Dasar.

Kata kunci : media “Baskom Puzzle”, permainan “HP Ranking 1”, alat peraga “K-Tv”,